Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Oknum Wartawan Asal Lampung Gabung Sindikat ATM Ganjal Tusuk Gigi

9
×

Oknum Wartawan Asal Lampung Gabung Sindikat ATM Ganjal Tusuk Gigi

Share this article

Terinspirasi Saat Konferensi Pers Kepolisian

MEMALUKAN : Oknum wartawan asal Lampung tergabung dindikat kejahatan ganjal ATM gunakan tusuk gigi. (Foto Net)

JOGJAKARTA : Kini giliran prestasi buruk ditorehkan oknum wartawan asal Lampung. Wartawan aktif Globalnews asal Pesawaran tergabung dalam sindikat pencoleng ATM dengan modus ganjal tusuk gigi.

M, Sang wartawan ini terlibat jaringan antarprovinsi. Diamankan oleh jajaran Polres Jogjakarta. Dia menjalankan aksinya bersama S alias Adam, dan JA nekat bobol ATM Center di sekitar Taman Pintar, Gondomanan, Kota Jogjakarta, pada 26 Mei 2023 sekira pukul 10.00 WIB.

Kasatreskrim Polresta Yogyakarta AKP Archye Nevada menjelaskan kronologis peristiwa yakni komplotan ini lebih dulu memasukan tusuk gigi sebagai ganjal di mesin anjungan tunai mandiri.

”Korban memasukkan kartu ATM pada mesin dan terjadi kendala. Lalu, datang seseorang yang diduga pelaku menawarkan bantuan. Korban terbujuk memencet nomor PIN,” kata Archye, Jumat 9 Juni 2023 kemarin.

Keesokan harinya, korban mengurus ATM ke bank dan mengecek saldo di rekeningnya telah terkuras habis. Lantas, korban melaporkan ke Polsek Gondomanan, Kota Yogyakarta.

”Pada 30 Mei 2023, sekira pukul 22.00 WIB 3 pelaku berhasil diamankan di Perum Pesona Mentari Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Arcye menjelaskan tiap-tiap tersangka memiliki peran masing-masing. Pertama M (48) di KTP pekerjaan sebagai wartawan asal Lampung berperan mengganjal ATM dengan tusuk gigi dan cotton bud.

Lalu S alias Adam, warga Jalan Kaliurang berpura-pura menolong dan mengarahkan korban memencet nomor PIN.

Tersangka ketiga JA (30), berperan sebagai sopir dan mengawasi situasi. “Dalam perkara menerapkan pasal 363 dengan pencurian pemberatan ancaman 7 tahun hukuman penjara,” bebernya. (tim)