Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

4000 Kuota Siswa SMK di Lampung Tidak Terisi

5
×

4000 Kuota Siswa SMK di Lampung Tidak Terisi

Share this article

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  tingkat SMA dan SMK telah selesai dilaksanakan. Dari 28 ribu jumlah kuota SMK Negeri di Lampung tercatat hanya 24 ribu bangku terisi  atau 4000 sisianya kosong.

Masih banyaknya kuota SMK Negeri tidak terisi disebabkan calon peserta didik baru cenderung memilih jurusan favorit sehingga kuota tersedia tidak terpenuhi.

Edi Hardjito selaku ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menjelaskan, dari data tingkat SMK Provinsi Lampung PPDB tahun ajaran pendidikan 2023-2024 tercatat sebanyak 28 ribu siswa lulusan SMP dapat ditampung di seluruh sekolah SMK Negeri di Lampung.

“Hanya terisi 24 ribu atau 4 ribu kuota kosong. Tidak terpenuhinya kuota disebabkan tidak meratanya penyebaran pemilihan jurusan oleh siswa yang mendaftar ke SMK Negeri sehingga jurusan lainnya minim peminat,” jelas EWdi Hardjito.

Sesuai peraturannya, meskipun terdapat  ribuan bangku yang kosong pihak sekolah SMK Negeri tidak diperkenankan untuk membuka pendaftaran siswa baru gelombang kedua. Meskipun demikian secara umum pelaksanaan ppdb tingkat SMK Negeri tahun 2023 yang digelar pada 12 sampai 17 Juli berjalan lancar dan tidak terkendala.(*)