Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Cuma 3 Murid Daftar, SDN 1 Komering Putih Terancam Tutup

5
×

Cuma 3 Murid Daftar, SDN 1 Komering Putih Terancam Tutup

Share this article
Tahun ajaran baru 2023/2024, hanya 3 murid mendaftar ke Sekolah Dasar Negeri 1 Komering Putih.

Sekolah Dasar Negeri 1 Komering Putih, di Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah terancam ditutup karena hanya mendapatkan 3 murid pada tahun ajaran baru 2023.

Bahkan jika ditotal jumlah seluruh siswa di SD Negeri 1 Komering Putih dari kelas 1 hingga kelas 6 hanya terdapat 41 siswa pada tahun ajaran 2023-2024.

Akibat kondisi ini, SD Negeri 1 Komering Putih tidak memenuhi kuota batas minimum siswa  yang telah ditentukan pemerintah.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengan Ahmaludin, menjelaskan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2022  tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan jenjang SD paling sedikit satu kelas berjumlah 20 peserta didik.

“Berdasarkan aturan, jika selama 3 tahun berturut-turut tidak memenuhi kuota bahkan tidak mendapat murid maka sekolah tersebut ditutup,” jelas Ahmaludin.

Jika tindakan penutupan tidak bisa dihindarkan, selanjutnya akan dilakukan marger atau penggabungan dengan sekolah lain.Pihak sekolah diminta komitmen  apakah masih ingin lanjut atau tutup.

“Jika sekolah ingin diteruskan aparatur kampung diminta bertindak untuk mendukung sekolah agar dapat murid. Disdikbud Lampung Tengah akan meninjau ke lokasi untuk melakukan koordinasi,” imbuhnya.(*)