Scroll untuk membaca artikel
Lampung Tengah

Dewi Nadi Ajak Warga Rama Dewa Amalkan Nilai Luhur Pancasila

8
×

Dewi Nadi Ajak Warga Rama Dewa Amalkan Nilai Luhur Pancasila

Share this article

LAMPUNG TENGAH : Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa wajib diamalkan nilai-nilainya oleh setiap warga negara Indonesia. Sebab, Pancasila merupakan pemersatu bangsa di tengah perbedaan suku, ras, budaya, maupun agama.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil Lampung Tengah Ni Ketut Dewi Nadi dalam giat Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang digelar di Kampung Rama Dewa, Dusun 2 Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, Minggu (13/8/2023).

“Kita hidup di negeri ini dengan beragam macam suku, ras, maupun agama dan kita hidup berdampingan. Untuk itu, sudah sewajibnya kita mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti saling menghormati, toleransi, gotong royong dan tidak mudah terprovokasi,” ucap Dewi Nadi.

Hal tersebut menurutnya menjadi modal penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. “Pancasila itu pedoman hidup bermasyarakat. Pancasila juga merupakan pandangan hidup bangsa yang memiliki makna bahwa segala kegiatan kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila yang ada dalam Pancasila. Oleh sebab itu, Pancasila sebagai inti dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia disebut sebagai cita-cita moral bangsa,” jelas anggota Komisi IV DPRD Lampung itu.

Sebab, saat ini menurutnya, banyak pihak yang ingin merubah Ideologi Negara yakni Pancasila. Gerakan yang dikenal dengan radikalisme ini terus merongrong Pancasila, membenturkan Ideologi Negara dengan agama.

“Kita sebagai anak bangsa dan khususnya generasi muda harus pandai menilai agar tidak mudah terjerumus ke dalam doktrin – doktrin radikal,” tambahnya.

Diketahui, sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila tersebut dihadiri peserta dari masyarakat Kampung Rama Dewa yang mayoritas pemuda-pemudi setempat, tokoh adat, tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas babinsa serta kepala Kampung Rama Dewa Bagus Gede Yama. Selain itu dihadiri juga Anggota DPR RI I Komang Koheri dan juga Anggota DPRD Lampung Tengah Ni Made Winarti selaku narasumber.(bow).