Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Panglong Kayu Terbakar Hebat, Dua Mobil Hangus Dilalap “Si Jago Merah”

24
×

Panglong Kayu Terbakar Hebat, Dua Mobil Hangus Dilalap “Si Jago Merah”

Share this article
Kebakaran Hebat di Panglong Kayu yang menghanguskan dua unit mobil

RADARTVNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda sebuah tempat usaha panglong kayu di Jalan Ryacudu, Kelurahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (19/8/2023).

Si jago merah langsung menghanguskan seluruh bangunan berikut dua unit kendaraan mobil yang sedang terparkir di area panglong.

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung, Anthony Irawan mengatakan, pihaknya menerima laporan dan langsung menindaklanjuti insiden kebakaran tersebut sekitar pukul 09.15 WIB.

“Iya, yang terbakar panglong kayu dan juga ada 2 unit mobil yang ikut terbakar. 1 kendaraan minibus dan 1 truk,” ujar Anthony.

Diketahui kebakaran bermula dari sumber api pembakaran sampah. Dijelaskan Anthony, berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian penyebab api muncul diduga berasal dari bakaran sampah di area panglong kayu setempat. Namun karena tidak diawasi, api merambat ke sejumlah titik dan membesar.

“Pemicu api dari bakaran sampah yang membesar hingga terjadi kebakaran,” ungkapnya.

Beruntung insiden sempat mengundang perhatian masyarakat setempat maupun pengendara melintas tersebut tidak memakan korban jiwa. “Ya, alhamdulillah tidak ada korban,” sambung dia.

Dalam memadamkan kebakaran petugas menurunkan delapan unit mobil dan 22 personel.

Saat proses pemadaman api, diakui Anthony bila Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung mengerahkan sebanyak 6 mobil pemadam dan 2 mobil suplai air. Termasuk 22 personel kebakaran.

Alhasil, api baru bisa benar-benar dijinakkan lebih dari satu jam. Mengingat, lokasi lokasi berisi material rentan dilahap api hingga pemadaman cukup membutuhkan waktu.

“Jadi total ada 8 mobil armada yang diturunkan, kemudian ada 22 personel yang dilibatkan dalam pemadaman. Saat ini masih proses pendinginan,” pungkasnya.

Imbauan kepada seluruh masyarakat Bandar lampung sekitarnya untuk harus tetap waspada serta hati-hati ketika hendak membakar sampah. Atas peristiwa kali ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Bandar Lampung kembali mengingatkan sekaligus mengimbau kepada segenap masyarakat agar lebih berhati-hati. Utamanya, tidak membakar sampah sembarangan.

“Kami tidak henti-hentinya mengingatkan ini, bagi masyarakat yang membakar sampah silahkan manfaat layanan petugas kebersihan yang sudah disediakan Pemkot Bandar Lampung,” tandasnya.(*)