Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

5 Rekomendasi Wisata Pemandian Air Panas di Provinsi Lampung

400
×

5 Rekomendasi Wisata Pemandian Air Panas di Provinsi Lampung

Share this article
AIR PANAS WAY URANG. (Foto Gh)

Siapa yang tak kenal dengan Pemandian Air Panas Way Belerang. Berada di Desa Buah Berak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

PEMANDIAN AIR PANAS WAY BELERANG. (Foto Pemkab Lamsel)

Sumber air panas berasal dari Gunung Rajabasa. Terdapat kolam-kolam besar berwarna hijau tosca agak keruh, sebagai penanda adanya campuran sulfur.

Memasuki kawasan yang dipenuhi pohon rindang, pengunjung disuguhi semerbak bau belerang. Artinya kandungan belerang di sini dijamin, bukan asal-asalan.

Kita dapat memilih kolam dengan kandungan panas yang berbeda –beda. Mulai hangat kuku, hingga hangat mendekati panas.

Untuk menjangkau lokasi ini sangat mudah. Dari Kota Kalianda jaraknya hanya sekitar 15 menit, dan 60 menit dari Bandarlampung.

Anda memulai perjalanan dari Bandarlampung, jarak tempuh menuju Air Panas Way belerang berkisar 1 jam.

Biaya tarif masuk ke destinasi ini sangat terjangkau hanya Rp10 ribu perorang. Jam buka mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore.

Menariknya, pengunjung masih bisa membeli oleh-oleh berupa sabung belerang original. Harga terjangkau hingga Rp20 ribu untuk ukuran besar. Sabun ini bisa diaplikasikan untuk pengobatan di rumah.

2. Pemandian Air Panas Umbil Niti Jatimulyo

Ini merupakan destinasi wisata baru, berlokasi di Jalan Gajah Mada No.50, Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Hanya sekitar 15 menit dari Bandarlampung.

PEMANDIAN AIR PANAS UMBUL NITI. (Foto Ist)

Air Panas Umbul Niti dikelola oleh pengurus masjid Miftahul Huda. Dikisahkan, penemuan sumber air panas ini terjadi beberapa tahun silam, saat hendak membuat sumur bor. Beruntung sekali, air dengan debit deras yang muncul adalah air panas. Sejak itulah dibuatkan kolam mini untuk berendam, dan kolam memanjang untuk diambil airnya dengan gayung.

Masuk pemandian ini gratis, hanya dikenai biaya parkir. Pengunjung dapat melakukan sedekah seikhlasnya.

Airnya sangat panas tanpa bau belerang. Sayang, pengunjung masih terkadang risih karena harus berbaur di kolam yang kecil.

3. Pemandian Air Panas Juku Batu

Sesuai namanya, pemandian air panas Juku Batu terletak di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Jaraknya relative jauh dari Bandar Lampung, kira-kira 188 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan darat.