Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Jelang Pemilu, Peredaran Uang Palsu Di Lampung Kian Marak

12
×

Jelang Pemilu, Peredaran Uang Palsu Di Lampung Kian Marak

Share this article
WASPADA : Setiap menerima uang atau bertransaksi warga harus lebih teliti memeriksa uang. (Foto Radar TV)

BANDARLAMPUNG : Dunia jagat maya baru-baru ini viral dan fyp (for your page) dengan tayangan uang palsu mutilasi yang viral di akun Tik-Tok radarlampung.tvĀ https://vt.tiktok.com/ZSLcE84DH/.

Peredaran uang palsu dengan modus baru ini adalah menggabungkan separuh uang asli dan separuh uang palsu. Lalu robekan dua lembar uang yang sama presisi itu disambung dengan lakban bening.

Memang harus diakui, setiapo menjelang pemilihan umum atau memasuki tahun politik selalu marak peredaran uang palsu. Diduga uang itu akan digunakan oleh politikus hitam untuk money politics.

Sebelumnya, masih di awal bulan September 2023, Polsek Banjaragung, Kabupaten Tulang Bawang mengamankan seorang warga yang belanja menggunakan uang palsu (upal).

HY (49) seorang wirausaha diamankan polisi atas laporan seorang pedagang. Korban curiga usai menerima uang belanja dari pelaku.

“Pelaku yang berhasil kami tangkap ini seorang pria berinisial HY (44) berprofesi sebagai wiraswasta,” ujar Kapolsek Banjar Agung AKP M Taufiq, akhi pekan lalu.

Pelaku membelanjakan selembar uang pecahan Rp 50 ribu. Saat ini polisi belum berhasil mengungkap dari mana pelaku mendapatkan upal tersebut.

Ungkap Upal Ratusan Juta Rupiah

Sebelumnya, di bulan Agustus 2023, Polsek Seputih Surabaya mengamankan seorang pria berinisial BR. Pria 43 tahun asal Kampung Surabaya Ilir, Kecamatan Bandar Surabaya, Lampung Tengah ini selain mengedarkan juga mencetak uang palsu.