Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Kamu Mahasiswa PTS Mau Beasiswa Rp16,8 Juta, Buruan Daftar Di Sini

19
×

Kamu Mahasiswa PTS Mau Beasiswa Rp16,8 Juta, Buruan Daftar Di Sini

Share this article
KIP KULIAH 2023. (Foto Radar TV)

JIKALAU kamu mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sedang terkendala pembiayaan untuk melanjutkan study. Ada baiknya kami rajin-rajin mencari informasi beasiswa.

Nah rupanya, pemerintah tak hanya memberikan beasiswa bagi mahasiswa di kampus negeri. Mahasiswa kampu swasta pun berhak untuk meraih pendidikan tinggi.

Mau tahu caranya?

Pemerintah melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah, memberikan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup hingga Rp16,8 Juta per tahun bagi mahasiswa PTS.

Namun kamu harus memenuhi persyaratan. Apa saja syarat dan bagaimana cara mendaftanya. Simak penjelasan di bawah ini.

 KIP Kuliah

Jika kamu adalah siswa SMA dan SMK yang hendak melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan bantuan program KIP Kuliah 2023 harus mengetahui besaran biaya pendidikan dan biaya hidup yang disediakan  pemerintah.

Besaran biaya pendidikan dan biaya hidup ini tergantung wilayah tempat tinggal mahasiswa dan akreditasi program studi yang dipilih.

Biaya pendidikan dan biaya hidup tertinggi yang bisa didapatkan oleh mahasiswa adalah Rp1,4 juta per bulan untuk biaya hidup dan Rp12 juta per semester untuk biaya pendidikan. Waw, sangat besar bukan.

Program KIP Kuliah Merdeka adalah salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang ditujukan untuk mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka akan mendapatkan biaya hidup sesuai dengan indeks harga daerah di mana kampus pilihan berada, dengan kluster sebagai berikut:

 Kluster 1: Rp800.000 per bulan.

 Kluster 2: Rp950.000 per bulan.

 Kluster 3: Rp1,1 juta per bulan.

 Kluster 4: Rp1,25 juta per bulan.

 Kluster 5: Rp1,4 juta per bulan.

Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya pendidikan sesuai dengan akreditasi program studi yang dipilih, yaitu: