Scroll untuk membaca artikel
Politik

Ribuan Pendukung Antarkan Anies – Imin Daftar Ke KPU

587
×

Ribuan Pendukung Antarkan Anies – Imin Daftar Ke KPU

Share this article
RESMI : Bacapres Anies Baswedan dan bacawapres Cak Imin resmi mendapaftarkan diri ke KPU RI. (foto Radar TV)

RADARTV : Ribuan pendukung mengantarkan bakal calon presiden – bakal calon wakil presiden Anies BaswedanMuhaimin Iskandar (AMIN) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2023, pukul 9.30 WIB.

Anies – Imin mengenakan pakaian senada kemeja putih, celana dasar hitam dan songkok, naik jeep terbuka, di kawal seluruh petinggi parpol Koalisi Perubahan. AMIN mendapatkan pengawasal dari ribuan massa pendukung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Termasuk para dari gabungan organisasi relawan AMIN.
”Kami sampaikan permohonan maaf, karena
tak bisa tiba tepat waktu dikarenakan banyaknya masa pendukung. Termasuk telah membuat kemacetan di sepanjang perjalanan menuju tempat ini,” kata Anies membuka pidato di KPU RI.

Pihaknya menyampaikan apresiasi terbaik kepada seluruh petugas yang menyukseskan proses pendaftaran. Petugas di lapangan berpanas-panasan, berpeluh-peluh mengawal dan membawa kebutuhan logistik pendaftaran.
”Kami sampaikan hormat dan respek kepada seluruh petugas,” jelasnya.

Pendaftaran capres – cawapres ini adalah misi besar untuk perubahan Indonesia yang lebih baik lagi. AMIN sangat berharap dan percaya pilpres akan berlangsung tertib rapi jujur adil dan menghasilkan pilpres yang kredibel.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan seluruh penyelenggara pemilihan umum, dan pemilihan presiden harus mampu berdiri tegak di atas semua kepentingan politik dan partai politik. Menjaga seluruh proses dari awal hingga akhir dengan independen, netralitas dan kredibilitas aparat. Mampu menepis segala kecurigaan dan praduga-praduga terjadinya keberpihakan dan potensi kecurangan-kecurangan.

”Saya percaya, penyelenggara pemilu mampu menjunjung martabat dan kredibilitas. Semoga semua proses berjalan dengan baik dan jurdil, mampu menghasilkan pimpinan yang kredibel,” ucap Surya Paloh.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari dalam sambutanya memastikan setiap pemilu pasti memunculkan konfik atau kompetisi persaingan antar sesama calon. Dia sangat mengharapkan persaingan dilakukan secara sehat dan dalam koridor demokrasi. Pihaknya sesuai jadwal tahapan pilpres masih memberikan waktu untuk perbaikan dokumen atau kelengkapan syarat yang lain.

”Setelah ini, kami akan verifikasi benar atau belum, sah atau belum. Kami member kesempatan pemeriksaan dan perbaikan persayaratan,” ujar Ketua KPU.

Tahapan berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darah (RSPAD) Gatot Soebroto, pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Pasangan Ganjar – Mahfud Daftar Kamis Siang

Pasangan bacapres – bacawapres Ganjar Pranowo – Mahfud MD, dipastikan akan mendaftarkan diri ke KPU pada Kamis 19 Oktober siang ini. Rencanya, Ganjar – Mahfud akan mendapatkan pengawalan dari dua parpol koalisi parmen yakni PDI-P dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (*)