Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Soal UNBKP Kurang, Siswa Difabel Ujian Soal Awas

4
×

Soal UNBKP Kurang, Siswa Difabel Ujian Soal Awas

Share this article
Satu Dari Tujuh Siswa Difabel Menjalani Ujain Menggunakan Soal Awas

radartvnews.com- Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil ( UNKP) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bina Islami mengalami kekurangan soal, salah satu dari tujuh siswa yang mengikuti ujian satu diantaranya tidak mendapatkan soal braille dan terpaksa menggunakan soal awas (23/4/2018).

Wali kelas SLB Bina Insani Hermin mengatakan, dirinya baru mengetahui kekurangan soal ketika mendapat laporan dari pengawas ujian bahwa soal yang diambil dari Dikdas Provinsi Lampung hanya enam soal, sehingga terpaksa satu siswa mengerjakan Ujian Nasional dengan soal awas yang dibacakan oleh pengawas diruangan terpisah.

“saya baru tahu kalau soal kurang dari pengawas, soal yang diambil cuma enam sedangkan siswa ada tujuh, siswa mengikuti ujian terpisah dengan penggunakan soal awas yang dibacakan pengawas,” ujar Hermin.

Sementara siswi yang tidak mendapatkan soal Braille, Shinta mengatakan merasa kesulitan dalam mengerjakan soal. Soal bahasa indonesia berjumlah 50 soal dengan kalimat yang panjang, sehingga dirinya kerap meminta pengawas yang membacakan untuk mengulangi soal tesebut.

Pelaksanaan UNKP SMP, MTS dan SMPLB akan terus berlangsung sampai tanggal 24 april 2018 dan diharapkan tidak terjadi kekurangan soal kembali.(lat/liz/san)