Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungKesehatan

Awas! Limbah Medis Covid Intai Warga

2
×

Awas! Limbah Medis Covid Intai Warga

Share this article
WALHI meminta kepada Pemerintah Provinsi Lampung menyediakan tempat pembuangan limbah khusus peralatan medis yang berkaitan dengan penanganan virus Corona

Radartvnews.com- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) meminta kepada Pemerintah  Provinsi Lampung menyediakan tempat pembuangan limbah khusus peralatan medis yang berkaitan dengan penanganan virus Corona. Karena dikhawatirkan sampah sisa pakai justru menjadi media penularan virus Corona.

Pemerintah PROVINSI LAMPUNG diminta segera melakukan pengadaan tempat penyimpanan sampah infeksius untuk publik dari penanganan virus Corona di beberapa titik di Provinsi Lampung. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pengelolaan limbah infeksius (limbah B3) dan sampah rumah tangga dari penanganan virus Corona.

Hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona melalui limbah. Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri mengatakan jika biasanya limbah berbahaya dihasilkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Namun, saat ini limbah berbahaya juga dihasilkan aktivitas rumah tangga, seperti yang melakukan isolasi mendiri terutama limbah masker.

Irfan menambah sampai saat ini, pemerintah belum memberikan informasi tentang limbah berbahaya seperti masker sarung tangan dan alat pelindung diri tersebut dibuang kemana.(sah/san)