Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Gempabumi Magnitudo 5,5 Guncang Lampung

0
×

Gempabumi Magnitudo 5,5 Guncang Lampung

Share this article
Lokasi Gempa Bumi berada di 106 KM Barat Daya Tanggamus atau sekitar 69 Mil dari Bandar Lampung

radartvnews.com-Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 terjadi di wilayah perairan selat sunda dan terasa di sejumlah wilayah lampung, jumat (6/8). Titik gempa berada 106 kilometer barat daya kabupaten tanggamus, lampung. Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km. Gempa pertama kali terasa sekitar pukul 18.08 wib. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan m=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi mw=5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,43° ls; 104,57° bt , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 106 km arah selatan kota agung, kabupaten tanggamus, lampung pada kedalaman 63 km.

Dengan memperhatikan  lokasi episenter dan  kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng indo-australia yang menunjam ke bawah lempeng eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Diketahui Guncangan Gempabumi ini dirasakan di Bandar lampung, Liwa, Pesisir Barat,  bojong genteng, palabuhan ratu, cibadak, dan kota agung, cisarua, bayah, natar. Hingga saat ini terdapat kerusakan ringan di kota agung berupa dinding bangunan yang retak akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian BMKG melalui Kepala Pusat Gempabumi Dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si mengkhawatirkan terjadinya Gempabumi susulan:

Hingga hari jumat, 06 agustus 2021 pukul 18:31 wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Pihak BMKG berharap Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Namun jika terjadi gempa susulan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Warga dianjurkan untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Bambang meminta warga agar memastikan informasi resmi terkait gempa hanya bersumber dari bmkg yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (instagram/twitter @infobmkg), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/inatews_bmkg), atau melalui mobile apps (ios dan android): wrs-bmkg atau infobmkg.* (Rls/JF)