Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Donor Plasma Konvalesen, Jariyah Para Penyintas

5
×

Donor Plasma Konvalesen, Jariyah Para Penyintas

Share this article

Radartvnews.com-Terapi penyembuhan bagi pasien Covid-19 dengan gejala serius melalui plasma konvalesen menjadi salah satu alternatif.  Belakangan ini banyak pasien yang membutuhkan donor plasma namun tak diimbangi ketersediaan stok.

Chairman Radarlampung Group Ardiansyah secara sukarela mendonorkan plasma konvalesen di unit transfusi darah PMI Lampung, Senin pagi (9/8).

Bang Aca sapaan akrabnya mendonorkan plasma konvalesen 850 cc. Pasca pengambilan plasma konvalesen,  Bang Aca mengaku merasa segar dan tidak ada keluhan.

Ini dikarenakan sistem teknologi pengambilan plasma dan kemudian untuk darah dikembalikan ke dalam tubuh. Ardiansyah mengaku akan kembali melakukan donor plasma ke-2 pekan depan.

Kepala unit tranfusi darah (UTP) PMI Lampung dr. Aditya M Biomed mengatakan, permintaan plasma konvalesen di PMI tergantung dari permintaan dokter perawat pasien di rumah sakit, dirinya menambahkan sudah ada 14 pendonor plasma di PMI  Lampung, saat ini permintaan plasma meningkat namun tak diimbangi dengan ketersediaan stok.

Dia mengajak penyintas Covid-19 mengikuti langkah Bang Aca yang melakukan donor konvalesen sukarela, dengan begitu plasma yang didonorkan bisa menjadi  menjadi stok bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan.(sah/san)