Scroll untuk membaca artikel
Utama

Fenomena Hiu Terdampar, Air Laut Dalam Naik Kepermukaan

5
×

Fenomena Hiu Terdampar, Air Laut Dalam Naik Kepermukaan

Share this article
Warga membantu ikan hiu totol yang terperangkap jaring.

Bandarlampung- Beberapa hari terakhir fenomena alam kemunculan ikan hiu totol  kembali menghebohkan warga. Terakhir hiu totol muncul di Pantai Sukaraja, Bumi Waras, Bandar Lampung. Hewan berukuran besar ini, terperangkap ke dalam jaring payang para nelayan.

Hiu ini justru menjadi tontonan warga, tanpa takut para anak-anak nelayan bermain dipunggung ikan.

Sebelumnya satu hiu totol juga terdampar di Pantai Pidada Way Krui, Pesisir Barat namun tewas karena tidak bisa kembali di tengah.

Humas Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu Irhamuddin mengatakan kemunculan hiu totol di lautan dangkal biasanya disebabkan faktor habitat hiu terjadi upweling atau pengadukan masa air laut dalam yang dingin.

Kondisi ini membuat sumber makanan dan nutrisi fitoplankton di habitat hiu totol bergerak ke permukaan. Karenanya hiu totol mengikuti pergerakannya ke laut dangkal. Upwelling juga menggambarkan tingginya hasil perikanan tangkap dikawasan ditemukannya hiu totol terdampar.

Irhamuddin menambahkan tim BKSDA melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat nelayan terkait dengan status perlindungan  satwa mamalia laut berdasarkan  SK Menteri Kelautan dan Perikanan  No 18 tahun 2013.

Termasuk menitipkan kepada nelayan jika ikan hiu terjebak jaring nelayan untuk segera dilepaskan  dan kembali digiring ke tengah laut.(lds/san)