Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Inilah 12 Situs Pengganti Alexa

12
×

Inilah 12 Situs Pengganti Alexa

Share this article
Per 1 Mei 2022, pengguna internet terutama agensi digital, bakal kehilangan rujukan situs pemeringkat Alexa. com yang mengumumkan pamit mundur dari perayap website. Kendati masih beberapa bulan kedepan, sudah tiga hari, situs Alexa.com tidak lagi update.  

BANDARLAMPUNG – Per 1 Mei 2022, pengguna internet terutama agensi digital, bakal kehilangan rujukan situs pemeringkat Alexa. com yang mengumumkan pamit mundur dari perayap website. Kendati masih beberapa bulan kedepan, sudah tiga hari, situs Alexa.com tidak lagi update.

Namun, penggiat marketing digital hingga perusahaan yang bergantung pada metrik data jangan khawatir. Sebab, masih ada situs pemeringkat yang bisa Anda coba.

Berikut situs yang masih eksis menjadi kompetitor Alexa yang radartvnews.com rangkum.

1. Comscore.com
Situs asal Amerika Serikat ini telah terdaftar di bursa saham NASDAQ. Metode yang digunakan Comscore yakni Unified Digital Measurement (UMD), yaitu penghitungan kunjungan situs untuk membantu bisnis dan mengukur kualitas pengunjung.

2. Ahrefs.com
Situs ini mampu memeriksa ranking di 170 negara. Situs ini juga dilengkapi dengan alat SEO dengan fitur yang lengkap. Mencari IP addres dan link website untuk memeriksa pengunjung juga bisa dilakukan menggunakan situs ini.

3. SimiliarWeb.com
Situs ini menyediakan layanan web analytics. SimiliarWeb menyediakan estimasi jumlah trafik secara real time, durasi kunjungan situs web hingga halaman mana yang dibuka oleh pengunjung.

4. SEMrush.com
Situs ini memiliki tools yang bisa digunakan untuk memeriksa ranking situs di Google dan Baidu. SEMrush juga dilengkapi dengan optimasi SEO. Namun, untuk bisa menanfaatkan layanan ini, Anda harus berlangganan.

5. Siteprice.com
Situs ini menawarkan tools untuk memeriksa ranking sebuah situs. Menu yang dihadirkan Siteprice memungkinkan pengguna dapat mengkalkulasikan harga perkiraan dari sebuah situs. Dan fitur ini bisa diperoleh secara gratis.

6. SERanking.com
Situs ini cukup unik karena bisa merekomendasikan kata kunci untuk situsmu hingga daftar kompetitormu. Dengan situs ini, kamu bisa melihat estimasi traffic website secara gratis.

7. Moz.com
Moz adalah alat yang digunakan untuk mengukur, memantau, dan mengevaluasi situs web. Moz dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Jadi, tools ini merupakan software SEO yang membantu Anda dalam meningkatkan lalu lintas, peringkat, dan visibilitas dalam hasil pencarian.

8. Trafficestimate.com
Sumber daya gratis ini memberi Anda banyak data analisis web, meskipun beberapa di antaranya tidak akurat. Anda akan dapat mengetahui beberapa peringkat Alexa dasar, frasa kata kunci yang ditargetkan situs web, situs web lain yang menargetkan frasa kata kunci serupa dan situs web dengan hubungan dekat.

9. Statsaholic.com
Dimulai dengan Alexaholic menjadi situs web yang sangat populer. Amazon tidak menyukai ini. Mereka memaksa Alexaholic untuk mengubah nama domain – sehingga layanan yang disebut Statsholic dengan cepat dibuat.

Amazon, bagaimanapun, masih belum puas dengan fakta bahwa Statsholic menawarkan alat yang lebih menarik daripada Alexa dan didasarkan pada datanya. Amazon memutuskan untuk memblokir Statsaholic. Sementara, Amazon memperkenalkan fitur-fitur baru yang jelas-jelas terinspirasi dari Statsaholic.

10. Statbrain.com
Ini adalah layanan berbayar yang memungkinkan Anda memantau sejumlah metrik situs web yang berbeda, termasuk lalu lintas yang berbasis di AS ke situs web pesaing.

11. Compete.com
Situs ini menawarkan alat analisis berbasis web yang memungkinkan Anda untuk membandingkan statistik lalu lintas dan tren hingga tiga situs web. Sayangnya, untuk memberi Anda perkiraan berapa banyak pengunjung unik dan tayangan halaman yang didapat, Anda harus membayar.

12. SparkTraffic.com
Situs ini memberikan kebutuhan yang diinginkan pemilik. Yakni lalu lintas berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan digital aset. Situs ini juga bisa mendatangkan jumlah pengunjung dalam jumlah besar demi menghasilkan profit dan adsense. Situs ini mengklaim kunjungan yang dikerahkannya natural atau manusia asli, bukan bot. Tapi, itu tidak gratis. (rie)