Scroll untuk membaca artikel
Lampung TengahPendidikanTulang Bawang

LANUD PANGERAN M BUNYAMIN LATIH BELA NEGARA SISWA SMKN 1 TERUSAN NUNYAI

15
×

LANUD PANGERAN M BUNYAMIN LATIH BELA NEGARA SISWA SMKN 1 TERUSAN NUNYAI

Share this article
Komandan Lanud Pangeran M Bunyamin, Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T.,M.Han didamping Kacabdin Wilayah VI Provinsi Lampung, Hartati S.Pd.,M.M, Kepsek SMKN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Jaman Mulyadi, S.Pd dan Komite Sekolah saat memberikan keterangan Terkait Pendidikan Bela Negara dan Penguatan Pendidikan Karakter bagi MPLS Siswa SMKN 1 Terusan Nunyai di Lanud Pangeran M Bunyamin Astra Ksetra Menggala Tulang Bawang

TULANG BAWANG – SMKN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Bekerjasama dengan Lanud Pangeran M Bunyamin Astra Ksetra mengadakan pembukaan  Pendidikan Bela Negara dan Penguatan Pendidikan Karakter. Pendidikan Bela Negara dan  Penguatan Pendidikan Karakter mengusung tema “Menanamkan Semangat Genearasi Milenial yang Cinta Tanah Air, Berkarakter dan Berakhlak Mulia”. Kegiatan Pembukaan sendiri Dilaksanakan Senin (25/7/2022) di Lapangan Lanud Pangeran M Bunyamin Tulang Bawang.

Kegiatan yang merupakan rangkaian masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) diawali dengan upacara pembukaan yang  langsung dipimpin oleh Komandan Lanud Pangeran M Bunyamin, Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T.,M.Han.

Sebanyak 247 Siswa Kelas 10 dan Kelas 11 SMKN 1 Terusan Nunyai berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai peserta. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni 25 Juli hingga 26 Juli 2022, dimana rangkaian kegiatan acara disesuaikan dengan kondisi siswa yakni Psikologi Lapangan, outbound, dan materi penguatan kebangsaan dan pendidikan karakter.

Danlanud Pangeran M Bunyamin, Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T.,M.Han mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan dalam upaya menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan Bela Negara kepada siswa serta kegiatan positif berupa Outbound dan Psikologi Lapangan yang disesuaikan dengan Tingkatan untuk Siswa. Pihaknya tak hanya mendukung dan bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Terusan Nunyai saja, namun semua sekolah yang ada di provinsi Lampung.

“Kami sangat mendukung kegiatan positif seperti ini dimana rangkaian kegiatan acara disesuaikan dengan kondisi siswa yakni Psikologi Lapangan, outbound, dan materi penguatan kebangsaan dan pendidikan karakter” ujar Danlanud.

 

Sementara Mewakili Kadisdik Provinsi Lampung Drs. Sulpakar MM, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Lampung, Hartati S.Pd.,M.M mengatakan Dinas sangat mendukung kegiatan ini yang sangat positif bagi siswa dalam upaya mengenalkan kepada siswa pendidikan Bela Negara dan Pendidikan Karakter. “Kita tau selama ini kan selama pandemi siswa lebih banyak daring dan kurang bersosialisasi secara langsung. Guna mencegah hal-hal negatif siswa diberikan pendidikan Bela Negara dan Penguatan Pendidikan Karakter melalui masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini” ungkap hartati.

Kepala Sekolah SMKN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Jaman Mulyadi, S.Pd mengatakan pihak sekolah berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta iklim disiplin, jujur, dan berakhlak mulia di lingkungan siswa. “Harapannya setelah dididik melalui kegiatan pendidikan bela Negara dan Penguatan Pendidikan Karakter yang bekerjasama dengan Lanud Pangeran M Bunyamin Astra Ksetra ini siswa nantinya lebih disiplin, jujur, dan berakhlak mulia” ujar Jaman.

Salah satu peserta Pendidikan Bela Negara dan Penguatan Pendidikan Karakter dari SMKN 1 Terusan Nunyai Nadela Sari mengaku sangat antusias dengan adanya kegiatan ini mulai dari persiapan hingga pelaksanaan. “Sudah dipersiapkan sejak jauh hari baik fisik maupun mental” ucap Nadela. (JF)