Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Kyai Batua Gagal Pulang ke Habitat

29
×

Kyai Batua Gagal Pulang ke Habitat

Share this article

Radartvnews.com- Kyai Batua, Harimau Sumatera yang terkena jerat di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan atau TNBBS tahun 2019 lalu batal dilepas liarkan. Harimau yang diberi nama  ‘Kyai Batua’ belum dilepaskan ke habitatnya lantaran dikhawatirkan terkena Virus Flu Babi Hutan Afrika.

Setelah selesai perawatan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA  Bengkulu-Lampung, bersama kementerian terkait, rencananya bakal melepas liarkan Harimau Sumatera di kawasan TNBBS. Namun demi keamanan, pelepasliaran hewan dilindungi ini ditunda.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan atau TNBBS, Ismanto  menyatakan, bahwa rencananya Harimau Sumatera Kyai Batua, akan dilepas di daerah Ngambur, Pesisir Barat. Bahkan tim juga sudah melakukan sosialisasi ke pada masyarakat sekitar kawasan, dan telah  melakukan penyisiran bahwa wilayah tersebut aman dari jeratan.

Di sisi lain, Komisaris Wisata Lembah Hijau, Irwan Nasution, mengatakan dengan gagalnya pelepasliaran Kyai Batua ini pihaknya tetap akan terus melakukan perawatan. Perawatan akan didukung sejumlah dokter dan tim yang ada di Lembah Hijau.

Diketahui, Harimau Sumatera merupakan salah satu hewan yang dilindungi mengingat jumlahnya yang kini terus berkurang akibat diburu oleh manusia.(sah/san)