Scroll untuk membaca artikel
Lampung Timur

IKAM Lamtim – Kelompok Tani Mutiara Hijau Tanam 1200 Mangrove

16
×

IKAM Lamtim – Kelompok Tani Mutiara Hijau Tanam 1200 Mangrove

Share this article

LAMPUNG TIMUR – Dengan mengusung tema “Peduli Lingkungan Ciptakan Kenyamanan” Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (Ikam Lamtim) bersama Kelompok Tani Mutiara Hijau Satu menanam 1200 pohon mangrove di Hutan Mangrove Desa Purworejo, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur, 23 Januari 2021.

Kegiatan ini sebagai upaya pemulihan dan pelestarian ekosistem hutan mangrove oleh Ksatria Muda (anggota baru Ikam Lamtim) dalam rangka mengakrabkan para anggota baru dan pengurus, serta membantu pemulihan dan pelestarian ekosistem hutan mangrove.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kelompok Tani Mutiara Hijau Satu, Samsyudin selaku tuan rumah, dan dibuka oleh Wakil KKPH Gunung Balak sekaligus Kepala Resot Register 15 WSS, Supriyadi.

Dalam sambutannya, Supriyadi berharap semoga Ikam Lamtim dapat menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan kedaerahan yang lain untuk tertarik dengan isu lingkungan dan membantu dalam pelestarian hutan.

Sikitar 80 peserta menuju hutan mangrove menggunakan perahu yang telah disediakan. Penanaman mangrove diarahkan oleh Samsyudin dan anggota Kelompok Tani Mutiara Hijau Satu. Bibit pohon mangrove diberikan secara cuma-cuma oleh kelompok tani tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pemuda dalam mencegah abrasi pantai dan global warming.

“Kami ini hanya ingin menjaga lingkungan, menanam pohon mangrove untuk mencegah abrasi pantai dan global warming, jangan sampai sumur kami terasa asin lagi airnya. Hutan mangrove ini juga bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat apabila dikelola dengan baik menjadi ekowisata,” ucap Syamsudin Ketua Kelompok Tani Mutiara Hijau Satu.

Banyaknya isu dan fenomena perubahan alam saat ini memunculkan kesadaran akan pentingnya kelestarian alam. Kesadaran tersebut menumbuhkan empati untuk saling membantu dalam menjaga lingkungan. Oleh karena itu, Ikam Lamtim melalui kegiatan Ksatria Muda Mengasah Rasa pada kali ini memilih untuk melakukan penanaman 1200 batang pohon mangrove di wilayah pesisir Lampung Timur. Semoga aksi kecil ini dapat menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk ikut melestarikan alam demi Bumi yang lebih baik.(*)