Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungPeristiwa

BMKG Maritim : Warning Gelombang Ekstrem di Samudera Hindia Barat Lampung

3
×

BMKG Maritim : Warning Gelombang Ekstrem di Samudera Hindia Barat Lampung

Share this article
BMKG Maritim Lampung Warning Gelombang Ekstrem
BMKG Maritim Warning Gelombang Ekstrem di Perairan Samudera Hindia Barat Lampung

BANDAR LAMPUNG-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Lampung mengeluarkan peringatan dini gelombang laut setinggi 1,5-7 meter di perairan Samudera Hindia Barat Lampung. Peringatan dini ini berlaku dari tanggal 8-14 Februari 2022.

Berdasarkan release resmi prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Maritim Lampung, Senin (7/2/2022), potensi gelombang setinggi 1,5-7 meter terjadi di perairan Samudra Hindia Barat Lampung.

Kepala Stasiun BMKG Maritim Lampung Raden Eko Sarjono menghimbau nelayan dan warga yang hendak melaut maupun berwisata untuk lebih hati-hati terutama di wilayah yang diprediksi gelombang tinggi hingga ekstrem.

“Ya dari pantauan kami gelombang yang sangat tinggi hingga 7 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Lampung, ,” Ujar Raden Eko.

Dari data prakiraan cuaca yang direlease BMKG Maritim Lampung, pola angin di wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka dominan bergerak dari arah Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 2-45 knot dan tinggi Gelombang rata-rata 0,2-7,0 meter.

Sedangkan di wilayah perairan selat sunda bagian barat, teluk lampung bagian utara, serta perairan timur lampung bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Samudera Hindia Barat Lampung yang berkisar antara 2-45 knot,” pungkas eko. (Tim)