Scroll untuk membaca artikel
corona lampungKesehatan

Februari, RSUDAM Rawat 81 Pasien Covid-19

1
×

Februari, RSUDAM Rawat 81 Pasien Covid-19

Share this article
RSUDAM memiliki sistem pengawasan dengan CCTV untuk melihat pasien-pasien dan dipantau langsung dengan petugas yang memakai APD.

Bandarlampung – Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung mengkonfirmasi terjadi peningkatan pasien  covid-19.

Dibulan januari  sebanyak 29 pasien isolasi dengan perkembangan pesat dibulan Februari yang terkonfirmasi 81 pasien covid dirawat. Bahkan lima pasien memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik.

Sebagian besar pasien mengidap komorbid dan koinsiden atau memerlukan tinfakan besar seperti operasi.

“Total pasien di RSUDAM meningkat jadi 81 pasien, 5 pasien dengan kondisi fisik yang kurang bagus. Sebagian besar pasien covid adalah pasien-pasien dengan komorbid,” jelas Wakil Direktur Keperawatan Pelayanan dan Penunjang Medik dr. Mars Dwi Tjahjo, Sp.U (24/2).

Untuk mengantispasi lonjakan pasien, RSUDAM menyiapkan 189 tempat tidur, diantaranya  26 ruang ICU covid, ruang isolasi lantai dua dan empat  masing-masing 26 ruangan  dan 32 ruang di Nirmala.

Terdapat 32 tempat tidur isolasi menggunakan tekanan udara negatif yang berfungsi mengurangi penyebaran virus di ruang-ruang perawatan.

“Terdapat 32 tempat tidur isolasi yang menggunakan tekanan udara negatif, mesin itu akan mengurangi penyebaran virus di ruang-ruang perawatan. Dan akan menyaring tekanan udara yang dibersihkan oleh filter untuk menyaring virus kemudian dikembalikan keruangan sudah bersih,” ujarnya.

Perawatan pasien covid-19 Tergantung kondisi pasiennya, bagi pasien yang sudah dirawat 5 hari bisa melakukan antivirus, dan dibolehkan pulang atau isoman dirumah yang dinyatakan oleh dokter penanggung jawab.(cr5/san)