Scroll untuk membaca artikel
Politik

Eksperimen PAN, Golkar dan Gerindra, Usung Prabowo Bukan Kejutan

3
×

Eksperimen PAN, Golkar dan Gerindra, Usung Prabowo Bukan Kejutan

Share this article
KOALISI BESAR : Partai Golkar dan PAN resmi gabung dalam koalisi Gerindra dan PKB dukung Capres Prabowo Subianto. (Foto Net)

Merapatnya partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ke partai Gerindra sejatinya bukan kejutan. Kedua partai itu resmi mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon Presiden (Bacapres) di Pilpres 2024.

PAN, Golkar dan Gerindra sudah pernah bersatu saat pilpres 2014. Sementara partai nasdem menilai bergabungnya partai Golkar dan PAN mendukung Prabowo Subianto adalah eksperimen kedua dari penguasa setelah eksperimen pertama gagal total.

Eksperimen pertama yang dimaksud, pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Eksperimen pertama kandas setelah PPP yang tergabung dalam KIB mendukung bakal capres Ganjar Pranowo.

KIB dibentuk pada pertengahan Mei 2022, di dalamnya ada Golkar, PAN, dan PPP. Semula koalisi ini berencana mengusung pasangan Capres-Cawapres sendiri untuk Pilpres 2024.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra, memastikan akan mendukung koalisi tersebut  termasuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

“PAN Lampung tegak lurus dengan keputusan yang diambil DPP. Waktu di Rakerknas di 2022 seluruh DPW se Indonesia sepakat menyerahkan soal pencapresan  ke Ketua Umum Zulkifli Hasan,” jelas Irham Jafar Lan Putra.

Karena deklarasi baru digulirkan, maka DPW PAN Lampung masih menunggu instruksi dari DPP terkait kerja teknis di lapangan bersama partai pengusung. “Hari ini (18/8) Pan sudah mulai mengumpulkan para kader untuk melakukan rapat koordinasi,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Bandar Lampung Yuhadi mengatakan, DPD Golkar BandarLampung menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum  Airlangga dalam menentukan koalisi pemilu presiden 2024.

Menurutnya, arah dukungan partai beringin ke Prabowo Subianto pasti telah dipertimbangkan secara matang oleh Ketua Umu,.”Prinsipnya pihaknya siap melaksanakan semua yang menjadi keputusan DPP ” jelas Yuhadi.

Ketua DPD Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal menegaskan, deklarasi yang berlangsung  merupakan arah kebijakan para partai pengusung di tingkat pusat. Tentunya DPD Gerindra Lampung ingin menindaklanjuti dan menjalankan kerja-kerja di tingkat pusat dijalankan di tingkat daerah.

“Bertambahnya dukungan dari Golkar dan PAN, Gerindra dan PKB semangat dan punya motivasi yang kuat untuk memenangkan Prabowo Subianto di Lampung,” tukasnya.(*)