Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Aktivis Sekaligus Ketua Komnas Perlindungan Anak Tutup Usia

42
×

Aktivis Sekaligus Ketua Komnas Perlindungan Anak Tutup Usia

Share this article
Selamat Jalan Arist Merdeka Sirait Aktivis Perlindungan Anak

Kabar duka datang dari kalangan aktivis perlindungan anak. Arist Merdeka Sirat yang merupakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (26/08/ 2023).

Kabar Duka meninggalnya Arist Merdeka Sirait dibenarkan oleh Staf Komnas Perlindungan Anak, Raihanif Putra.

Dirinya mengungkapkan, Arist meninggal karena sakit. Tetapi, tidak dijelaskan penyakit yang diderita Ketua Komnas PA tersebut.

Arist Merdeka Sirait sebelumnya memang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Polri. “ Iya Almarhum masih di rumah sakit” ujar Raihanif.

Berdasarkan keterangan Raihanif  bila rencananya jenazah Arist Merdeka Sirait yang meninggal dunia di Usia 63 Tahun ini, bakal disemayamkan di Pemakaman Keluarga yang terletak di Porsea, Toba, Sumatera Utara.

Diketahui Almarhum Arist Merdeka Sirait pernah beberapa kali mengunjungi provinsi Lampung dalam upaya Advokasi terhadap perlindungan sejumlah kasus kekerasan anak di Lampung.

Mengenal Arist Merdeka Sirait

Arist Merdeka Sirait adalah seorang aktivis Indonesia. Ia merupakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak menggantikan Seto Mulyadi pada tahun 2010, setelah menjabat sebagai sekretaris jenderal selama 12 tahun atau tiga periode sejak tahun 1998.  Arist dilahirkan di  Bah Butong, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 11 Juni 1960. Arist meniggalkan tiga anak  yakni  Debora Sirait, Cristine Sirait, Namalo Sirait dan Seorang Istri Rosti Munthe. Arist merupakan alumni dari SMA Kampus Nomensen Angkatan 1978,. Sebagai Aktivis dirinya kemudian Mendirikan Organisasi Komisi Nasional Perlindungan Anak. (*)