Scroll untuk membaca artikel
Hukum dan Kriminal

Jadi Kurir Spesial Narkoba Jaringan Fredy, Ini Rekam Karir dan Harta Mantan Kasat Narkoba Polres Lamsel

30
×

Jadi Kurir Spesial Narkoba Jaringan Fredy, Ini Rekam Karir dan Harta Mantan Kasat Narkoba Polres Lamsel

Share this article
DPO Narkoba Internasional Fredy Pratama dan AKP Andri Gustami (Kolase)

Pengungkapan kasus peredaran narkoba jaringan Internasional Fredy Pratama menyeret mantan Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan (Lamsel), AKP Andri Gustami (AG), dirinya ternyata masuk dalam daftar sindikat narkoba internasional Fredy.

Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung Kombes Erlin Tangjaya menyebut AG bertugas sebagai kurir. Namun, dia belum bisa menjelaskan secara rinci peran kurir dimaksud.

Dari 39 tersangka jaringan gembong narkoba Fredy Pratama ditangkap Bareskrim Polri. Terdapat mantan Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan, AKP Andri Gustami dalam daftar tersangka. “Benar, dia (Andri Gustami) masuk dalam jaringan tersebut,” kata Direktur Ditresnarkoba Polda Lampung, Kombes Erlin Tangjaya, Selasa (12/9/2023).

Pamen dengan melati tiga di pundak ini mengatakan bila AKP Andri Gustami terlibat dalam jaringan yang juga menjerat selebgram asal Palembang, Adelia Putri Salma (APS) dimana Andre disebut sebagai kurir.

Dari hasil pemeriksaan, dia berperan sebagai kurir spesial,” jelasnya.

Meski begitu, Erlin belum mau memaparkan lebih jauh peran AKP Andri Gustami yang kini telah dimutasi ke Yanam Polda Lampung.

“Harap bersabar nanti kami informasikan lagi,” katanya.

Diketahui dalam jaringan ini, jajaran Polda Lampung total berhasil menangkap 26 tersangka dengan barang bukti narkoba seberat 329 kilogram sabu.

Dimana para tersangka ini termasuk dalam 39 orang yang diungkap Bareskrim Polri dari jaringan gembong narkoba Fredy Pratama.

Sebelumnya, Bareskrim Polri membongkar tindak pidana narkoba sindikat Fredy Pratama. Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengatakan Fredy Pratama merupakan sindikat narkoba terbesar di Indonesia. Dimana ada 39 tersangka dalam pengungkapan kasus ini.

Wahyu mengatakan Fredy Pratama alias Miming masih berstatus DPO. Fredy Pratama sendiri memiliki sejumlah nama samaran di perangkat komunikasinya.

“Sekarang (Fredy Pratama) masih DPO ada di Thailand, yaitu atas nama Fredy Pratama alias Miming dengan nama samaran di komunikasinya The Secret, Cassanova, Air Bag, dan Mojopahit,” ungkap Wahyu dalam konferensi pers, Selasa (12/9/ 2023).

Rekam Karir Andri Gustami

Rekam Karir AKP Andri Gustami cukup gemilang di kepolisian, dirinya merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2012.

Karier pria kelahiran Koto Marapak, Sumatera Barat pada 31 Agustus 1989 ini cukup moncer dan malang melintang di dalam kepolisian tanah air. Lantaran beberapa jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah diembannya.

Andri Gustami tercatat pernah mengemban jabatan sebagai Kanit IV Resmob Polres Lampung Utara. Kariernya makin cemerlang setelah didapuk menjadi Kanit III Krimsus Polres Lampung Utara pada tahun 2015 dan pernah mengisi jabatan sebagai Kasatreskrim Polres Tulang Bawang.