Scroll untuk membaca artikel
Politik

18 Hari Menuju Pendaftaran Capres : Anies – Imin Mantap, Prabowo dan Ganjar Masih Gamang

1450
×

18 Hari Menuju Pendaftaran Capres : Anies – Imin Mantap, Prabowo dan Ganjar Masih Gamang

Share this article
BACAPRES PILPRES 2024. (Foto Fajar)

SESUAI jadwal yang telah disepakati DPR, Kementerian Dalam Negeri dan KPU, masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mulai dilaksanakan 19 – 25 Oktober 2023.

Artinya masih ada waktu 18 hari lagi bagi bakal capon presiden – bakal calon wakil presiden (bacapres – bacawapres) untuk menyiapkan diri. Sejauh ini, baru pasangan Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar (Amin) yang sudah siap.

Bacapres – bacawapres yang diusung Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah menyiapkan administrasi pendaftaran. Termasuk sudah mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Sementara itu, dua bacapres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo masih gamang menentukan bacawapres. Meski banyak lembaga survei secara bergantian mengunggulkan keduanya. Namun keduanya tak menentukan dan mengumumkan siapa masing-masing calon pendampingnya.

Erick, Gibran atau Khofifah

Kegamangan Prabowo yang diusung Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) Partai Golkar, dan Partai Demokrat adalah menentukan dua nama mengerucut antara Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir atau Khofihah Indar Parawangsa.

“Peluang menang (Pilpres 2024) Pak Prabowo dan Pak Erick tinggi, kemudian masih muda, energik, punya prestasi, saya kira tepat kalau nanti Pak Prabowo ambil ET (Erick Thohir),” kata Wakil Ketua DPP PAN Yandri.

Dikatakanya dalam sejumlah survei Erick Thohir menunjukkan peningkatan elektabilitas sebagai calon wakil presiden (cawapres). Sikap PAN mengusulkan Erick karena menempati posisi pertama sebagai cawapres pilihan publik menurut survei Indikator Politik.

Elektabilitasnya tercatat sebesar 22,9%. Sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI) pun merekam hal yang sama dalam survei pada 1-8 Juli. Dalam simulasi 24 nama cawapres, Erick ada di posisi teratas dengan elektabilitas 14,3%. “PAN sangat objektif mengusulkan ET itu,” kata dia.

Terpisah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membenarkan jikalau Gibran Rakabuming, telah melaporkan ke partai soal dirinya diusulkan jadi cawapres Prabowo di Pilpres 2024.

Menurut Hasto laporan-laporan itu disampaikan Gibran dalam beberapa pertemuan internal partai. Menurut dia, pihaknya hanya menunggu jadwal pendaftaran capres dan cawapres di KPU pada 19-25 Oktober mendatang.

“Kita tunggu, tetapi Mas Gibran pernah sampaikan pada kami dalam berbagai dialog-dialog di internal terkait hal tersebut ya,” kata Hasto di sela-sela Rakernas IV PDIP.

Sandiaga, Ridwan, Erick, Khofihah Atau Mahfud MD

Sejumlah kalangan memprediksi, ada lima bacawapres potensial mendampingi Ganjar Pranowo. Seperti Sandiaga Uno yang disodorkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jatim Khofifah atau Menkopolkam Mahfud MD sebagai pendamping. Gubernur Jawa Timur Khofifah merupakan kartu truf untuk menjaga suara dari kaum Nahdlatul Ulama (NU) berbasis di Jawa Timur. (*)

Jadwal Lengkap Pendaftaran Capres- Cawapres 2024