Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Peringatan! Alami Gagal Organ, WHO Laporkan Puluhan Bayi Kena Virus Mematikan

12
×

Peringatan! Alami Gagal Organ, WHO Laporkan Puluhan Bayi Kena Virus Mematikan

Share this article
Ilustrasi

Setelah heboh kasus hepatisis akut misterius pada anak kini muncul kasus gagal organ pada bayi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan puluhan bayi terinfeksi virus langka dan sangat mematikan. Kejadian tak biasa ini terjadi di wilayah Amerika dan Eropa.

Menurut informasi yang disampaikan oleh WHO, setidaknya terdapat 26 bayi di Spanyol, Swedia, inggris Prancis dan Italia, telah terinfeksi dan menjadi korban jenis enterovirus langka, yang disebut echovirus-11.

Delapan  bayi  telah dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kegagalan organ dan sepsis, sebagian besar kematian terdapat di Prancis.

“Kasus ini dianggap tidak biasa karena kerusakan yang sangat cepat dan tingkat kematian terkait kasus di antara bayi yang terkena dampak,” tulis jubir WHO dalam keterangan tertulis Sabtu, 8 Juli 2023.

Enterovirus dapat secara serius menyerang bayi baru lahir yang sistem kekebalan tubuhnya belum cukup matang untuk melawan infeksi. Penyakit ini dapat menyebar melalui kotoran atau inhalasi droplet pernapasan, yang biasanya terdapat di saluran pencernaan.

Pejabat kesehatan di Inggris sebelumnya juga melaporkan adanya peningkatan serupa yang tidak biasa pada miokarditis parah, atau radang jantung, di antara 10 bayi yang memiliki enterovirus lain yang disebut coxsackievirus, setidaknya satu meninggal meninggal dunia.

“Kebanyakan enterovirus menyebabkan penyakit yang sangat ringan pada anak-anak yang mereka infeksi. Tetapi dalam proporsi kecil, kami melihat penyakit bencana yang jauh lebih signifikan,” ungkap Dr. Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO

Meski belum secara pasti ditemukan di Indonesia, namun patut diwaspadai. Kementerian Kesehatan RI berharap kasus infeksi virus jenis enterovirus langka, yang disebut echovirus-11 tidak ditemukan di Indonesia. (*)