Scroll untuk membaca artikel
Pendidikan

Pengukuhan Guru Besar IIB Darmajaya, Prof. Anuar Sanusi Kebanggaan Civitas Akademik

2
×

Pengukuhan Guru Besar IIB Darmajaya, Prof. Anuar Sanusi Kebanggaan Civitas Akademik

Share this article
Pengukuhan gelar professor Anuar Sanusi sebagai guru besar

BANDARLAMPUNG – Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengukuhkan Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si., sebagai guru besar pertama kampus IIB Darmajaya, Jumat (11/3/2022).

Pengukuhan gelar professor Anuar Sanusi sebagai guru besar ini, dihadiri oleh Gubernur Lampung yang diwakili Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Drs. Minhairin, M.M., Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah y. Alfian, MBA., M.Sc., Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. H. Andi Desfiandi, S.E., M.A., Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah 2 Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Prof. Yuliansyah, S.E., M.SA., Ph.D., Akt., CA., Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi, S.E. M.Kom., dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta di Lampung beserta undangan lainnya.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Yayasan Alfian Husin dan Rektor IIB Darmajaya atas support yang diberikan kepada saya hingga saya mendapatkan jabatan guru besar ini,” kata Prof. Dr. Anuar Sanusi.

Orasi ilmiah yang disampaikan Prof. Anuar Sanusi berjudul “Manajemen Modern: Peran Strategis, Fungsi, dan Penerapan pada Perguruan Tinggi”.

Menurutnya, cara efektif dalam pengambilan keputusan manajerial jangka panjang adalah dengan penerapan manajemen modern untuk mencapai tujuan organisasi.

Hal itu, kata dia, harus melalui peran strategis dan fungsi pada perguruan tinggi. Menurut dia, sebagaimana diketahui, esensi dari manajemen modern adalah manajemen yang mengintegrasikan unsur manusia, peralatan (teknologi) dan lingkungan.

“Dimana, kunci keberhasilannya terletak pada unsur manusia. Agar mendapat dukungan yang berkelanjutan, Maka paradigma berpikir manajemen modern adalah mengupayakan interaksi yang sama-sama menguntungkan (win-win situation),” ungkapnya.

Sementara Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah y. Alfian, MBA., M.Sc., mengatakan Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si., adalah profesor pertama di Kampus Biru ini.

“Dan, ini adalah kebanggaan yang luar biasa bagi kami civitas akademik IIB Darmajaya,” ujar dia.

Firmansyah mengucapkan rasa syukurnya, di mana IIB Darmajaya telah membidani lahirnya seorang professor yang concern dalam Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

Harapan kedepannya semoga Prof.  Dr.  Anuar Sanusi, S.E., M.Si., akan menjadi seorang ilmuwan yang lebih produktif dalam berkarya dan berkontribusi positif bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. H. Andi Desfiandi, S.E., M.A., mengatakan kehadiran Prof. Dr. Anuar Sanusi, S.E., M.Si., sebagai guru besar di IIB Darmajaya agar dapat dijadikan panutan dan teladan bagi semua sivitas akademika di kampus the best ini. “Semoga, ke depan semakin banyak lahir para ahli, pakar dan guru besar berikutnya di kampus yang kita banggakan ini.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) Wilayah 2 Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Prof Yuliansyah mengucapkan selamat kepada Prof Anuar Sanusi atas perjuangannya mencapai guru besar.

“Semoga dosen lainnya dapat mengikuti jejak professor Anuar Sanusi,” imbuhnya.

LL-Dikti II akan melakukan Profesorship kepada calon guru besar yang sedang pengajuan. Dan berharap di wilayah II terus bertambah guru besarnya dan mendorong agar segera keluar SK yang sedang pengajuan.(cr3/cr5/san)